PLO memiliki keterkaitan dengan PEO, Tabel 1.1 memberikan gambaran seberapa kuat masing-masing
PLO mendukung PEO.
Tabel 1.1 Hubungan antara Tujuan dan PLO UPCE
|
PEO 01 |
PEO 02 |
PEO 03 |
PEO 04 |
PEO 05 |
PLO-1 |
S |
NS |
NS |
NS |
S |
PLO-2 |
S |
NS |
NS |
NS |
S |
PLO-3 |
S |
NS |
NS |
NS |
S |
PLO -4 |
NS |
S |
NS |
NS |
S |
PLO -5 |
NS |
S |
NS |
NS |
S |
PLO -6 |
S |
S |
NS |
NS |
NS |
PLO -7 |
NS |
NS |
S |
NS |
S |
PLO -8 |
NS |
NS |
NS |
S |
S |
S-Strong, NS-Not Strong
Tabel 1.2 Program Learning
Outcome (PLO) vs 6 level (level sarjana) dalam Kerangka Kualifikasi Nasional
Indonesia (KKNI)
PLO vs KKNI |
Mampu
mengaplikasikan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dengan
keahliannya dan mampu beradaptasi berbagai situasi yang dihadapi
menyelesaikan suatu masalah. |
Menguasai
secara mendalam konsep teoritis umum dan spesifik dari pengetahuan tertentu
serta mampu merumuskan prosedur pemecahan masalah |
Mampu
mengambil keputusan strategis berdasarkan informasi dan analisis data serta
memberikan arahan dalam memilih beberapa penyelesaian alternatif |
Bertanggung
jawab atas pekerjaannya dan dapat diberikan tugas secara bertanggung jawab
berkontribusi atas pencapaian kinerja organisasi |
PLO-1 |
√ |
|||
PLO-2 |
√ |
|||
PLO-3 |
√ |
|||
PLO-4 |
√ |
|||
PLO-5 |
√ |
|||
PLO-6 |
√ |
|||
PLO-7 |
√ |
|||
PLO-8 |
√ |
Berdasarkan Tabel 1.2, PLO telah dirumuskan sesuai dengan 6 level standar kompetensi minimal yang dimiliki oleh sarjana. Semua PLO yang telah dirumuskan ditampung dalam mata kuliah. Setiap akhir semester dilakukan evaluasi pencapaian PLO dan dianalisis. Hasil analisis digunakan untuk pengembangan PLO selanjutnya.
Tabel 1.3 Program Learning Outcome (PLO) vs Subject Specific
Criteria (SSC) ASIIN
Subject Specific Criteria (SSC) |
PLO |
|||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
|
Specialist
competences |
||||||||
1.
telah memperoleh pengetahuan dasar tentang matematika dan ilmu alam yang
relevan dengan kimia |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
2.
memiliki pengetahuan menyeluruh tentang mata pelajaran inti dari
kimia meliputi kimia anorganik, kimia organik dan kimia fisik, serta
kimia analitik |
√ |
√ |
|
|
|
|
|
|
3.
telah memperoleh pengetahuan di satu atau beberapa bidang khusus ilmu
alam atau humaniora |
|
|
|
|
√ |
|
|
|
4. mampu
melaksanakan pekerjaan kimia praktik dan telah belajar
bagaimana menangani bahan kimia secara mandiri dan aman dalam praktikum, |
|
√ |
√ |
|
|
|
|
|
5. have
knowledge of safety and environmental issues and the legal
fundamentals, |
|
|
√ |
|
|
|
|
|
6. telah
memperoleh kompetensi metodologi di bidang kimia dan mampu
menerapkannya di bidang lain |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
7.
memiliki pengetahuan dan keterampilan interdisipliner, seperti
di bidang ekonomi, etika, atau filsafat |
|
|
|
√ |
|
|
|
|
8. memperoleh,
menafsirkan, dan mengevaluasi data yang relevan secara ilmiah dan
teknis, dan menarik kesimpulan yang masuk akal, dengan mempertimbangkan
beberapa temuan ilmiah, teknologi, dan etika |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
9. memecahkan
masalah yang bersifat ilmiah/ berorientasi aplikasi pada kehidupan
nyata secara mandiri, dan untuk mempresentasikan hasil, seperti, |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
10. mengikuti pembelajaran
sepanjang hayat. |
|
|
|
|
|
|
|
√ |
Social
competences |
|
|
|
|
|
|
|
|
11. mampu berkomunikasi dengan
rekan kerja maupun dengan masyarakat luas, tentang konten dan masalah yang
terkait dengan kimia, dalam bahasa asing dan antar budaya |
|
|
√ |
|
√ |
|
|
|
12. menyadari tanggung
jawab sosial dan tindakan beretika dan akrab dengan prinsip etika
profesional dan standar kimia, |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
13. mampu
bekerja sendiri dan sebagai anggota kelompok internasional, tanpa genderare
able to work both alone and as a member of international, kelompok gender
beragam |
|
|
|
|
|
|
√ |
|
14.
mengenal prinsip-prinsip dasar untuk melakukan proyek dan mampu mengembangkannya |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
15. Persiapan
menghadapi dunia kerja baik dilingkungan industri atau akademik yang sesuai
dengan bidangnya |
|
|
|
|
|
|
|
√ |
Berdasar
PEO, Program Sarjana Kimia (UPCE) memiliki PLO untuk lulusan yang
disajikan pada Tabel 1.4
NO |
ASPEK |
PLO |
KODE |
1 |
PENGETAHUAN |
PLO-01. Mampu mendemonstrasikan pengetahuan
terkait konsep teoritis tentang struktur, dinamika, dan energi, serta prinsip
dasar pemisahan, analisis, sintesis, dan karakterisasi bahan kimia |
KNO-1 |
PLO-02. Mampu mendemonstrasikan pengetahuan
pedagogik kimia dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran
kimia |
KNO-2 |
||
2 |
KETERAMPILAN (SKILL) |
PLO-03. Menguasai prinsip kesehatan dan
keselamatan kerja, mengelola laboratorium, menggunakan peralatan dan
mengoperasikan alat/instrumen kimia |
SKI-1 |
PLO-04. Mampu merancang, melaksanakan,
mengevaluasi, mempelajari dan mengembangkan media pembelajaran kimia dengan
memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi |
SKI-2 |
||
3 |
KOMPETENSI (COMPETENCIES) |
PLO-05. Menerapkan pemikiran
logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam rangka pengembangan atau
penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian yang menghargai dan
mengaplikasikan humaniora dalam menyelesaikan masalah yang sesuai dengan
pendidikan kimia |
COM-1 |
PLO-06. Menguasai dasar-dasar
metode ilmiah, merancang dan melaksanakan penelitian, menulis laporan ilmiah
dan mengkomunikasikannya baik secara lisan maupun tertulis dengan
memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan |
COM-2 |
||
4 |
SIKAP DAN SOSIAL (ATTITUDE AND
SOCIAL) |
PLO-07. Mampu mengambil
keputusan berdasarkan data / informasi dalam rangka menyelesaikan tugas yang
bertanggung jawab dan mengevaluasi kinerja secara individu maupun kelompok,
memiliki jiwa kewirausahaan berwawasan lingkungan. |
SOC-1 |
PLO-08. Mampu beradaptasi dengan berbagai
perkembangan ilmu kimia, belajar terus menerus dan berkembang sepanjang hayat
dengan melanjutkan pendidikan formal maupun informal. |
SOC-2 |